3 Cara Simpel Menyusun Anggaran Pesta Pernikahan

3 Cara Simpel Menyusun Anggaran Pesta Pernikahan

Akuwedding – Pesta pernikahan Anda akan menjadi pesta terbesar dan termegah yang pernah digelar, mungkin juga menjadi pesta pernikahan termahal. Hampir sebagian dari jumlah pasangan yang telah menikah menggunakan biaya sendiri, sementara yang lainnya beruntung karena mempunyai orang tua yang dapat membayar tagihan pesta pernikahan. Meskipun beberapa pasangan harus membayar lebih biaya pesta dari anggaran yang semula disepakati.

Sebelum bermimpi untuk merencanakan pernikahan di venue yang mewah dan megah juga menyewa vendor terkenal, akan lebih baik bila Anda membuat catatan lengkap semua biaya pesta pernikahan, mulai dari detail terbesar hingga detail paling kecil. Berikut ini cara menyusun anggaran pesta pernikahan:

Menghitung Jumlah Tabungan

Beberapa pasangan mungkin mengira jika anggaran yang mereka persiapkan sudah mencukupi keseluruhan biaya pesta pernikahan mulai dari yang terbesar sampai terkecil, padahal kemungkinan kurangnya anggaran selalu ada. Coba untuk menghitung jumlah tabungan Anda, tabungan ini bisa berasal dari tabungan pribadi, tabungan bersama pasangan atau tabungan dari orang tua. Hitung semua tabungan yang Anda miliki termasuk sumbangan yang diberikan dari orang tua, apakah cukup untuk merayakan pesta secara besar-besaran atau cukup yang sederhana saja?.

Memeriksa Pengeluaran

Anda bisa membuat catatan keuangan dengan menampilkan 3 kolom pengeluaran, yakni penawaran, harga real dan estimasi. Di mana jumlah yang terdapat di bawah kolom estimasi merupakan besaran biaya yang telah Anda riset, sedangkan rincian harga dari para venor akan Anda tulis di kolom penawaran dan terakhir harga yang sebenarnya yang sudah kena diskon atau tawar menawar akan dituliskan pada kolom sebenarnya. Anda bisa menyesuaikan estimasi setelah berhasil menghubungi vendor. Awali dengan venue yang butuh biaya paling banyak.

Bersiap dan Siaga Dengan Biaya Kejutan

Pastikan selalu jika Anda telah membaca kontrak dengan benar sebelum menyewa vendor karena pengeluaran sebesar apa pun bisa bertambah dengan sangat cepat. Jika Anda berencana untuk mengadakan pesta secara sederhana, sekiranya tidak perlu menyewa band dari luar kota atau beberapa fotografer untuk dokumentasi foto pernikahanmu.